Cara Membuat Pelet ikan Apung Eco Racing

Cara Membuat Pelet ikan Apung Eco Racing

SUPER…! Ini Cara Membuat Pelet Ikan Apung Yang Mengapung

Mau Usaha Budidaya Ikan Anda Berkembang? Ikuti 7 Langkah Mudah Membuat Pelet Ikan Apung Ini

Bagi Anda para peternak ikan, pasti sudah mengenal jenis usaha yang satu ini. Budidaya ikan memang sudah menjadi budaya tersendiri. Cara membuat pelet ikan apung ini pun memang cukup menjanjikan hasilnya yang bisa kita dapat.
Tapi Anda harus ingat juga bahwa usaha yang sekarang berjalan ini memiliki resiko yang besar, karena pasaran Anda adalah makhluk hidup. Jadi benar-benar harus ekstra hati-hati dalam penanganannya.
Resiko yang ada ini harus bisa berdampak positif pada sasaran pasaran Anda, kalau salah dalam langkah pengerjaannya akan berujung tidak baik. Kami sarankan Anda cari tahu dulu kandungan pakan ikan yang akan Anda buat.
Mengingat harga pakan yang kian hari kian melambung, menurut kami membuat pakan ikan sendiri merupakan solusi terbaik bagi peternak, dan hal ini sering kali menjadi pertanyaan bagi para pembudidaya ikan.
Agar pakan ikan yang diproduksi mencukupi nutrisi yang dibutuhkan setiap ikan. Maka para produsen meramu pakan untuk masing–masing ikan, dengan komposisi yang berbeda disesuaikan dengan jenis ikan.
Prospek usaha pelet ikan juga sangat cemerlang dengan berbagai potensi yang sudah ada. Kehadiran pelet ikan dengan penggunaan bahan-bahan lokal ini memang disambut hangat bagi berbagai kalangan pengusaha ikan.
Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir, disini kami akan share bagaimana cara membuat pelet ikan apung yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan budidaya ikan Anda.

Persiapan Pembuatan Pelet Ikan Apung

Ya meskipun tidak semua jenis budidaya ikan harus menggunakan pelet sebagai makanannya, tapi sebaiknya kita perhatikan kandungan gizi pada ikan yang dibutuhkan bagi pertumbuhannya.
Sebenarnya kalau kita lihat, ada banyak sekali jenis pakan untuk ikan. Tapi pelet itu bisa dibilang yang paling praktis dan hampir semua jenis ikan menyukai pelet yang terapung.
Bagi sebagian besar peternak ikan menggunakan pakan pelet tapi seringnya tidak dengan dosis anjuran, dengan kata lain kandungan pada pelet apung itu sangat tinggi.
Nah masalahnya kalau terlalu tinggi kandungan dan pemberian pakan yang tidak sesuai dosis, akan memungkinkan air jadi tercemar dan terkontaminasi oleh kandungan pakan yang berlebih. Apalagi kalau pakan ikan yang mudah tenggelam akan memudahkan air tercemar.
Intinya dalam hal penting yang harus Anda perhatikan adalah kandungan dosis pada adonan pakan yang dibutuhkan. Dengan sasaran produksi pakan Anda berpusat pada ikan jenis apa dan umur ikan berapa.
Bahan baku lokal yang dapat digunakan untuk pembuatan pakan ikan antara lain jagung, tepung ikan, dedak padi atau gandung, bungkil kedelai, minyak ikan, minyak sawit, mineral serta asam amino. Yang terpenting bahan tersebut mengandung protein, bernutrisi tinggi, mudah diolah dan dihaluskan, tidak mengandung racun, serta mudah diperoleh di daerah tersebut.

Bahan Pembuatan Pelet Ikan Apung

Tepung kedelai 200 gram

Tepung ikan 120 gram

Tepung darah 100 gram

Kaldu 80 gram

Vitamin 50 gram

Tepung daun turi 350 gram

Dedak halus 350 gram

Tepung terigu 100 gram

Garam mineral 10 gram

7 Langkah Mudah Membuat Pelet Ikan Apung

Langkah pertama yang harus Anda siapkan dalam pembuatan pelet ikan apung adalah menyiapkan bahan baku. Bahan baku tersebut yang masih kasar bisa Anda haluskan terlebih dahulu dengan menggunakan mesin penggiling. Selanjutnya hasil gilingannya bisa diayak sampai didapatkan tepung yang bertekstur halus.

Kemudian Anda masukkan pertama kali bahan-bahan yang bersifat perekat, seperti tepung tapioka dengan pemakaian sekitar 10% sampai 20% dari total campuran pakan total yang digunakan.

Bisa ditambahkan air secukupnya agar bisa mengikat adonan lainnya. Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan tepung gaplek dan tepung onggok.

Masukkan bahan sumber protein utama seperti tepung ikan minimal 20% dari total campuran pakan total. Tepung ikan bisa juga diganti dengan tepung kepala udang, tepung tulang maupun tepung jeroan, sesuai dengan ketersediaan.

Masukkan bahan pelengkap lainnya seperti dedak halus maksimal sebanyak 30% dari total campuran pakan total. Kalau memakai bungkil kedelai bisa dengan konsentrasi maksimal 40%.Untuk pelengkap lainnya seperti minyak ikan maksimal 10% dari total campuran pakan total. Bisa juga ditambahkan 1% sampai 2% kalsium karbonat atau kapur dan juga sekitar 1% sampai 3% vitamin B komplek dan vitamin lainnya. Semua bahan ini kemudian dimixer selama 10 menit hingga benar-benar rata.

Terakhir campuran ini diolah dengan mesin pencampur bahan pelet ikan atau mesin ekstruder sistem kering. Secara otomatis pelet yang dihasilkan sudah dalam keadaan kering dan memiliki sifat pakan apung.

Setelah kering pelet dikemas dalam kantong plastik yang kedap air dan tempatkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik.

Anda juga bisa cari tahu tentang Cara Efisien Pembesaran Ikan Dengan Tips Cara Membuat Pelet Ikan Sendiri supaya budidaya ikan Anda bisa semakin berkembang dengan lancar.

Persyaratan Bahan Pakan Ikan Apung

Sebenarnya membuat adonan pelet itu tidak sulit terutama pada pembuatan pelet yang biasa, tapi masalahnya pelet yang biasa pengolahannya itu sangat mudah sekali tenggelam.
Nah itu sebabnya Anda harus mengolahnya secara istimewa untuk pakan ikan yang bisa terapung. Penyebab pakan pelet ikan tidak bisa lama terapung di air itu karena bahannya yang belum komplek atau belum pas pada takarannya.
Biasanya terdapat pada bahan ikan yang dihaluskan itu belum cukup kering. Ikan bekas yang dihaluskan itu ya sebaiknya harus benar-benar berbentuk tepung dan kering, cara pengerjaannya juga gampang. Anda tinggal menjemur ikannya itu seharian atau menggunakan bantuan mesin oven dan mesin penepung pelet.
Bahan pelet ikan alami merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral. Maka dari itu pelet ikan harus memenuhi beberapa syarat mutu yang dibutuhkan, antara lain:

Mengandung nilai gizi yang tinggi

Mudah diolah dan tidak mengandung racun

Harga yang murah dan terjangkau

Mudah diperoleh baik dari segi waktu maupun jumlah

Bukan merupakan makanan pokok manusia

Butirannya halus atau bisa dihaluskan

Penggunaan Mesin Pencampur Bahan Pelet (Mesin Ekstruder)

Kalau Anda ingin memproduksi pelet pakan ikan dalam kuantitas yang banyak, Anda bisa menggunakan bantuan Mesin Pencampur Bahan Pelet (Mesin Ekstruder) sebagai alat bantu pada tahap pencampuran atau homogen. Mesin ini bisa berguna untuk menghasilkan pakan sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.

Guna untuk mengkompres kepadatan pada pelet karena homogen pada adonan, menggunakan mesin ini bisa jadi salah satu alternatif karena akan menghemat waktu dan tenaga Anda. Kalau Anda ingin membuat dengan skala besar maka menggunakan mesin ini sangatlah cocok.
Nah itu tadi mengenai 7 Langkah Mudah Membuat Pelet Ikan Apung yang cara pengolahannya cukup mudah. Dalam pengolahan pelet ikan, pastikan agar bahan pelet ikan diukur kadar protein yang dibutuhkan. Supaya pelet dapat dikonsumsi ikan sesuai dengan kebutuhan yang ada.
Semoga ini bisa menjadi referensi bagi Anda, jadi akan lebih mudah untuk mempraktekkannya. Anda bisa segera mencoba membuat pelet ikan apung sendiri di rumah, kalau dirasa sudah tahu caranya dan hasilnya sudah pas, maka Anda secara langsung bisa menjalankan usaha pelet saat ini juga.

Konsultasi
Klik di sini👇

Selamat mencoba dan terima kasih

Semoga bermanfaat
Salam Eco Racing

Komentar